Rabu, 06 Maret 2013

Membuat rx king mu jadi lebih GALAK

Tanpa banyak kata langsung saja kita pada intinya, apa saja yang harus di lakukan :

1.      Ganti koil dengan YZ 125 ( Rp. 380rb-450rb harga bervariasi)
2.      Ganti busi dengan NGK G POWER (Rp. 25rb)
3.      Gunakan 9power 2bh, letakkan di dekat tutup busi dan dekat koil. Hasil tidak terlalu signifikan, namun tetap ada sedikit perubahan. (Rp. 80rb)
4.    Ganti kampas kopling dengan 3bh kampas kopling L2S dan 3bh kampas kopling RX-KING, pemasangan selang-seling ( 3bh KK L2S = Rp. 105rb dan 1set KK RX-KING = Rp. 119rb )
5.      Ganti perkopling dengan perkopling SATRIA FU + ring baja tebal 1,2 mm ( beli saja di toko baut bilang aja beli ring baja untuk baut 12, tapi terlebih dahulu di kikir lubang ringnya dengan kikir bulat sampai lubangnya masuk/pas dengan kedudukan baut rumah koplingnya). ( per kopling original SATRIA FU 4bh = Rp. 10rb, beli aja di dealer. Ring 12 4bh= Rp. 1000). lebih hemat 70rb dari pada harus membeli perkopling racing INSPIRO untuk rx king, dan rasanya pun sama.
6.      Ganti knalpot dengan model 3v3 atau noguchi (Rp. 350rb-900rb tergantung merk)
7.  Ubahan pada gir, jika menggunakan ring 17 gunakan gear 15-34 untuk topspeed, 15-35/36/37 untuk torsi/akselerasi.
8.      Setting ulang spuyer / naikkan ukuran spuyer. ( 1bh spuyer = 20rb-an)

Semua rangkaian pergantian part tersebut, tetap mempertahankan durabilitas/ketahanan/keawetan mesin.

Sedangkan untuk ubahan yang lebih WAU gitu, ini dia yang harus dilakukan :

1.      Ganti membran/reed valve dengan membran RXZ, buat yang punya budget melimpah lebih yahud kalo pake vforce 4 untuk RXZ , untuk cara ini harus lakukan penyesuaian agar membrane bisa masuk, Caranya, dinding lubang intake sebelah kiri dan kanan diperbesar pakai pisau/gerinda/bor tuner.
2.      Porting polish.
3.      Papas head, 0,5 mm dirasa sudah cukup.. untuk sekedar di pakai sehari-hari.
4.    Untuk masalah bore up, itu relative.. berapapun besar bore up, namun komponen pendukung tidak munpuni ya, jadinya tidak seperti yang diharapkan. Sedikit bercerita, king oversize 50 tapi mampu bikin keder king oversize 175. Ubahan pada king OS 50 hanya menggunakan karbu pwk 28, reed valve vforce rxz, papas head, knalpot 3v3, polish, koil yz, ganti kampas dan per dah itu aja, inipun Cuma motor harian. Sedangkan king OS 175 porting polish, karbu standar cuma main spuyer, knalpot bobokan, koil scorpio 5BP. Intinya BORE besar bukan lah jaminan kencang, tapi harus dibarengi dengan ubahan pada yang sesuai dengan komponen pendukungnya. Liat aja motor SE (special engine) seperti RM85/YZ85/KX85, padahal CCnya Cuma 85cc, tapi larinya was wus was wus, kok bisa gitu yach… namanya aja special engine/mesin special. Biar lebih jelas surfing-surfing aja di google. Kalo saya jelaskan bisa menghabiskan 4 paragraf capek ngetiknya bro..
5.      Ganti karburator, dengan keihin PWK 26/28/30/34/dst disesuaikan aja dengan spek mesin. Kalo keihin PE gimana bro? PE bagus juga tapi lebih bagus PWK, tapi ya itu harga agak mahal dari PE.
6.      Kalo naik stroke gimana bro? nggak usah lah kasian mesinnya, coak sana sini. Syukur-syukur kalo stroke up nya balance, kalo nggak balance malah serasa seperti naik kereta api bro. sebenarnya saya sih maunya juga melakukan stroke up, untuk mengimbangi borenya. Tapi ya itu tadi banyak yang dipertaruhkan untuk melakukan langkah ini, apalagi kalo stroke upnya nggak balance.

Untuk ubahan ini soal durabilitas/ketahanan/keawetan mesin sedikit di pertaruhkan, jadi kerjakan lah semua ubahan tersebut secara rapi/presisi agar mesin sehat wal’afiat. Atau Bawalah ke bengkel yang biasa mengerjakan hal-hal seperti ini.

Kalo motornya masih di pakai harian nggak usah ribet-ribet ubah sana sini yang akhirnya Cuma malah bikin kita susah saja. sekencang apapun motor kita masih ada yang lebih kencang dari itu, yang terpenting itu kita nyaman dan senang mengendarainya setelah diubah sana sini.

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dilakukan, mulai dari ganti rumah kopling dengan tzm, ganti head dengan YZ125, ubah rasio, ganti trasmisi dengan 6 percepatan, dan banyak lagi. Kalo buat harian, cara ini nggak begitu perlu. Budgetnya besar, ribet iya juga.

Mohon maaf kalo ada kata-katanya yang membingungkan anda, karena saya bukan ahli tata tulis dan bahasa.


24 komentar:

  1. makasih bro atas infonya.... saya setuju... kalo buat harian, g usah ribet... main karbu, kanpas kopling, koil, ama setelan gear belakang, itu juga udah cukup... lagian ngapain terlalu wus wus kalo ujungnya macet lagi - macet lagi... ngabisin bensin bro... hehehehe... yg penting enak dipakai dan nyaman itu aja udah cukup... peace.....

    BalasHapus
  2. Klw full korekan os 150 cocoknya pakek pwk ukuran brpa gan?

    BalasHapus
  3. betul dan setuju sama penulis artikelnya... kalo buat harian saya rasa itu sudah cukup mumpuni dengan keadaan kondisi jalanan sekarang. kecuali kalo emang mau ikut event balap itu beda lagi urusannya, hehe...

    BalasHapus
  4. lanjutkan... dan salam ngok soko cah sragen

    BalasHapus
  5. mas bro...karbu bawaan king kan uk.26 klo ubah pwk tapi tetep 26 jg kira2 gmn??? mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  6. mas mohon bantuanya rx king pake pwk 28 kx,untuk spuyer kira2 brpa ya?knalpot racing

    BalasHapus
  7. Mas..mau tanya emang rx king pakai coil 5bp pnya scorpio. Gpp ya

    BalasHapus
  8. Keren ide dan msukannya. Yg pntng di pake harian nyaman, sewkt2 d jl BT, sikon memungkinkan, dan da yg iseng ngajak uji nyali di jl, motor kita siap

    BalasHapus
  9. sippp mantap brooo ninja aja ga brani

    BalasHapus
  10. mtr rx king d gas mbrebett knp y.....

    BalasHapus
  11. maaf gan numpang tanya,raja saya kalau di gas pertama itu ngmpos kya tlat turun bensin
    klou di lariin karbu kaya ada batuk nya

    BalasHapus
  12. Gan saya penggila akselerasi jarak pendek ketimbang top speed, gear saya sekarang 15 depan belakang 34.Saya pengen tarikan bawahnya lebih maut tetapi top speed nya ya jgn terlalu drop enaknya pakek gear ukuran berapa ya gan? Mohon infonya

    BalasHapus
  13. Masukan nya benar sekali..mksi saran nya tolong ditambah lagi saran saran yg bermanfaat

    BalasHapus
  14. Mantap membantu nh, trus di update juragan, untuk si raja biar standart tp cuss

    BalasHapus
  15. Posisi ringnya sebelah mana ya om ?

    BalasHapus