Tanpa banyak kata
langsung saja kita pada intinya, apa saja yang harus di lakukan :
1.
Ganti koil dengan YZ 125 ( Rp.
380rb-450rb harga bervariasi)
2.
Ganti busi dengan NGK G POWER (Rp. 25rb)
3.
Gunakan 9power 2bh, letakkan di dekat
tutup busi dan dekat koil. Hasil tidak terlalu signifikan, namun tetap ada
sedikit perubahan. (Rp. 80rb)
4. Ganti kampas kopling dengan 3bh kampas
kopling L2S dan 3bh kampas kopling RX-KING, pemasangan selang-seling ( 3bh KK
L2S = Rp. 105rb dan 1set KK RX-KING = Rp. 119rb )
5. Ganti perkopling dengan perkopling
SATRIA FU + ring baja tebal 1,2 mm ( beli saja di toko baut bilang aja beli
ring baja untuk baut 12, tapi terlebih dahulu di kikir lubang ringnya dengan
kikir bulat sampai lubangnya masuk/pas dengan kedudukan baut rumah koplingnya).
( per kopling original SATRIA FU 4bh = Rp. 10rb, beli aja di dealer. Ring 12
4bh= Rp. 1000). lebih hemat 70rb dari pada harus membeli perkopling racing
INSPIRO untuk rx king, dan rasanya pun sama.
6.
Ganti knalpot dengan model 3v3 atau
noguchi (Rp. 350rb-900rb tergantung merk)
7. Ubahan pada gir, jika menggunakan ring
17 gunakan gear 15-34 untuk topspeed, 15-35/36/37 untuk torsi/akselerasi.
8.
Setting ulang spuyer / naikkan ukuran
spuyer. ( 1bh spuyer = 20rb-an)
Semua
rangkaian pergantian part tersebut, tetap mempertahankan
durabilitas/ketahanan/keawetan mesin.
Sedangkan untuk ubahan yang lebih WAU gitu, ini dia
yang harus dilakukan :
1.
Ganti membran/reed valve dengan membran
RXZ, buat yang punya budget melimpah lebih yahud kalo pake vforce 4 untuk RXZ ,
untuk cara ini harus lakukan penyesuaian agar membrane bisa masuk, Caranya,
dinding lubang intake sebelah kiri dan kanan diperbesar pakai pisau/gerinda/bor
tuner.
2.
Porting polish.
3.
Papas head, 0,5 mm dirasa sudah cukup..
untuk sekedar di pakai sehari-hari.
4.
Untuk masalah bore up, itu relative.. berapapun
besar bore up, namun komponen pendukung tidak munpuni ya, jadinya tidak seperti
yang diharapkan. Sedikit bercerita, king oversize 50 tapi mampu bikin keder
king oversize 175. Ubahan pada king OS 50 hanya menggunakan karbu pwk 28, reed
valve vforce rxz, papas head, knalpot 3v3, polish, koil yz, ganti kampas dan
per dah itu aja, inipun Cuma motor harian. Sedangkan king OS 175 porting
polish, karbu standar cuma main spuyer, knalpot bobokan, koil scorpio 5BP.
Intinya BORE besar bukan lah jaminan kencang, tapi harus dibarengi dengan
ubahan pada yang sesuai dengan komponen pendukungnya. Liat aja motor SE
(special engine) seperti RM85/YZ85/KX85, padahal CCnya Cuma 85cc, tapi larinya
was wus was wus, kok bisa gitu yach… namanya aja special engine/mesin special.
Biar lebih jelas surfing-surfing aja di google. Kalo saya jelaskan bisa
menghabiskan 4 paragraf capek ngetiknya bro..
5.
Ganti karburator, dengan keihin PWK
26/28/30/34/dst disesuaikan aja dengan spek mesin. Kalo keihin PE gimana bro?
PE bagus juga tapi lebih bagus PWK, tapi ya itu harga agak mahal dari PE.
6.
Kalo naik stroke gimana bro? nggak usah
lah kasian mesinnya, coak sana sini. Syukur-syukur kalo stroke up nya balance,
kalo nggak balance malah serasa seperti naik kereta api bro. sebenarnya saya
sih maunya juga melakukan stroke up, untuk mengimbangi borenya. Tapi ya itu
tadi banyak yang dipertaruhkan untuk melakukan langkah ini, apalagi kalo stroke
upnya nggak balance.
Untuk
ubahan ini soal durabilitas/ketahanan/keawetan mesin sedikit di pertaruhkan,
jadi kerjakan lah semua ubahan tersebut secara rapi/presisi agar mesin sehat
wal’afiat. Atau Bawalah ke bengkel yang biasa mengerjakan hal-hal seperti ini.
Kalo
motornya masih di pakai harian nggak usah ribet-ribet ubah sana sini yang
akhirnya Cuma malah bikin kita susah saja. sekencang apapun motor kita masih
ada yang lebih kencang dari itu, yang terpenting itu kita nyaman dan senang
mengendarainya setelah diubah sana sini.
Sebenarnya
masih banyak lagi yang bisa dilakukan, mulai dari ganti rumah kopling dengan
tzm, ganti head dengan YZ125, ubah rasio, ganti trasmisi dengan 6 percepatan,
dan banyak lagi. Kalo buat harian, cara ini nggak begitu perlu. Budgetnya
besar, ribet iya juga.
Mohon
maaf kalo ada kata-katanya yang membingungkan anda, karena saya bukan ahli tata
tulis dan bahasa.
makasih bro atas infonya.... saya setuju... kalo buat harian, g usah ribet... main karbu, kanpas kopling, koil, ama setelan gear belakang, itu juga udah cukup... lagian ngapain terlalu wus wus kalo ujungnya macet lagi - macet lagi... ngabisin bensin bro... hehehehe... yg penting enak dipakai dan nyaman itu aja udah cukup... peace.....
BalasHapussiip
BalasHapusmantap
BalasHapusOkee oke
BalasHapusKlw full korekan os 150 cocoknya pakek pwk ukuran brpa gan?
BalasHapusbetul dan setuju sama penulis artikelnya... kalo buat harian saya rasa itu sudah cukup mumpuni dengan keadaan kondisi jalanan sekarang. kecuali kalo emang mau ikut event balap itu beda lagi urusannya, hehe...
BalasHapuslanjutkan... dan salam ngok soko cah sragen
BalasHapusmas bro...karbu bawaan king kan uk.26 klo ubah pwk tapi tetep 26 jg kira2 gmn??? mohon pencerahan nya
BalasHapusGood luck rx king
BalasHapusBetul bro
BalasHapusmakasi infonya mas
BalasHapusmas mohon bantuanya rx king pake pwk 28 kx,untuk spuyer kira2 brpa ya?knalpot racing
BalasHapusMas..mau tanya emang rx king pakai coil 5bp pnya scorpio. Gpp ya
BalasHapusKeren ide dan msukannya. Yg pntng di pake harian nyaman, sewkt2 d jl BT, sikon memungkinkan, dan da yg iseng ngajak uji nyali di jl, motor kita siap
BalasHapussippp mantap brooo ninja aja ga brani
BalasHapussok tau ....
BalasHapusmtr rx king d gas mbrebett knp y.....
BalasHapusmaaf gan numpang tanya,raja saya kalau di gas pertama itu ngmpos kya tlat turun bensin
BalasHapusklou di lariin karbu kaya ada batuk nya
saran yg menarik.
BalasHapussippp
Gan saya penggila akselerasi jarak pendek ketimbang top speed, gear saya sekarang 15 depan belakang 34.Saya pengen tarikan bawahnya lebih maut tetapi top speed nya ya jgn terlalu drop enaknya pakek gear ukuran berapa ya gan? Mohon infonya
BalasHapusMasukan nya benar sekali..mksi saran nya tolong ditambah lagi saran saran yg bermanfaat
BalasHapusMantap membantu nh, trus di update juragan, untuk si raja biar standart tp cuss
BalasHapusPosisi ringnya sebelah mana ya om ?
BalasHapusInfonya mantap...thx
BalasHapus