Senin, 29 Oktober 2012

MENINGKATKAN PERFORMA MOTOR

Cara Meningkatkan peforma motor standar 4tak dan 2tak tanpa harus mengorek-ngorek mesin standar pabrikan.

1.  Mungkin ini hal sepele namun ini bisa sedikit meningkatkan torsi, yaitu dengan mencopot beberapa part yang bisa mengurangi bobot motor anda, atau menggatinya dengan part yang lebih ringan.
2.  Hal yang paling simple, isi minyak dengan pertamax/pertamax plus
3. Mengganti busi, dengan busi yang lebih yahud, seperti NGK G-POWER (buatan jepang ), NGK PLATINUM (buatan Indonesia), NGK IRIDIUM, DENSO IRIDIUM, dan banyak lagi yang lainnya.
4.  Gunakan lah oli yang berkualitas dalam artian bukan oli mahal-mahalan yang penting sesuai kebutuhan, seperti menggunakan oli yang mempunyai range kekentalan 10 – 40w
5.   Menggunakan gas spontan
6.  Menggunakan knalpot free flow/bobokan, gunakanlah yang tidak terlalu berisik. Biar nggak kena batu terbang.
7.  Mengganti koil dengan koil high performace/racing seperti koil NOLOGY, KITACO, CLD, FAITO,  BLUE THUNDER,  dan banyak lagi yang lainnya. kemudian bisa juga menggunakan koil SE ( special engine ) seperti YAMAHA YZ series, SUZUKI RM series, atau KAWASAKI KX series. Atau bisa juga menggunakan koil dari motor lainnya seperti koil YAMAHA SCORPIO series 5BP (koil ini juga di gunakan di motor Yamaha TZM 150).
Untuk harga koil bervariasi mulai dari Rp 90Rb-an sampai Jutaan, kalo pingin ngirit tapi pingin koil yang cukup yahud, coba aja koil Yamaha Scorpio seri 5BP harganya 96Rb-an.
8.   Mengganti CDI dengan CDI high performace/racing.
9.   Menggunakan XCS HURICANE biasa di sebut boster aki.
10.  Menggunakan boster koil
11.  Menggunakan boster CDI
12. Menggunakan 9POWER, untuk hasil yang lebih bagus gunakan 2buah, yang 1 diletakkan di dekat koil, 1 lagi didekat tutup busi.
13. Gunakan tutup busi yang mempunyai resistansi atau hambatan yang kecil, tapi bagi motor yang menganut sistem digital sebaiknya gunakan saja yang aslinya.
14. Mengganjal per kopling standar dengan ring, ketebalan kurang lebih 2mm, atau Mengganti per kopling dengan per kopling racing. 

KTC
Harga per kopling KTC untuk semua motor sama, Rp 55 ribu. Katanya cocok untuk yang sering stop and go, tarikan kopling lebih responsif.

“Banyak yang cari biasanya untuk up grade performa motor harian,” jelas Aphin dari Surya Motor di Jl.Ciledug Raya Petos 6 No.1 Puri Beta, Ciledug, Tangerang.

HRP
Per kopling HRP bisa dijadikan pilihan untuk aplikasi di motor harian. “Untuk semua motor harga Rp 100 ribu,” kata Holong Lubis, marketing HRP.

Lebih keras dibanding standar. Tinggi pegas dan diameter ulir per lebih besar. “Banyak ragam ukuran, mulai untuk motor standar dan full racing,” jelas Holong.

INSPIRO
Katanya kelebihan pakai per kopling Inspiro jika buka tuas kopling sedikit saja motor langsung ngacir. Untuk Yamaha Byson Rp 160 ribu, F1ZR Rp 85 ribu, Jupiter MX Rp 90 ribu, Jupiter-Z Rp 85 ribu, RX-King Rp 85 ribu. Karisma Rp 85 ribu, Supra Rp 85 ribu, Tiger Rp 90 ribu. KLX 150 Rp 150 ribu. Shogun Rp 125 ribu, Smash Rp 85 ribu. Per ini tersedia di AHRS Depok, Jl. Tole Iskandar No.162, Depok. Telepon (021) 7782-0649

FAITO
Per kopling buatan Malaysia katanya setara produk Jepang. “Bukan hanya warna pelangi, melainkan kinerjanya lebih responsif dibanding per kopling standar, serta ketahanannya lebih lama,” kata Richi, PR Marketing Motori Rumahnya Biker.

Umumnya per kopling ini, hanya untuk motor bebek. Di antaranya Supra X-125, Karisma 125, Grand, Jupiter Z, Jupiter MX, Force-1 dan Kaze.

Harga untuk Supra X125 lebih mahal ketimbang yang lain, siapkan budget sekitar Rp 114 ribu. Sedangkan untuk yang lain hanya Rp 108 ribu. Kunjungi Jl. Panjang No. 21, Duri Kepa, Jakarta Barat. Telepon (021) 9951 9252.

TDR RACING

Dari namanya sudah kental dengan aura balap. Bila digunakan untuk motor harian pastinya semakin responsif. “Didesign lebih keras, dibanding standar. Kan kebanyakan penggantian per kopling dicari yang lebih keras,” kata Sui Kiong alias Ko Yonk, owner Yonk Jaya Motor.

TDR Racing tergolong global alias banyak pilihan. Untuk bebek, sport dan motor batangan. “Termasuk Karisma serta Ninja 250R dan CBR 250R juga ada,” tambahnya.

Kisaran harga Rp 85 ribu buat motor bebek dan Rp 150 ribu untuk motor sport. Kalau pengen beli datang Yonk Jaya Motor di Jl. Ahmad Yani No. 358, Bandung. Telepon (022) 7271337.

KAWAHARA
Kemampuan juga melepas per kopling. “Pertama diriset di One Make Race (OMR) Honda beberapa tahun lalu,” kata Jessy Liga Siswanto, owner Kawahara.

Dengan riset, langsung bikin per kopling untuk Jupiter MX, Jupiter Z, RX King, Satria F, Satria 2-tak, Shogun 125, Smash, Honda CBR150R, CBR250R, Tiger, Karisma, Supra 110, Kawasaki Ninja 150, Ninja 250 dan KLX 150S.

Untuk pemanis, per kopling Kawahara sedikit diberi warna pelangi agar lebih menawan. Dilego kisaran Rp 65 ribu. Yang berminat datang ke bengkel Ultraspeed Racing di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 42, Ciledug Tangerang. Telepon (021) 7313886.

CLD

Per kopling CLD ada tiga tipe, medium, new kompetisi dan road race. Medium punya sifat daya pegasnya lebih soft dibandingkan new kompetisi dan road race, per tipe ini terbuat dari baja batang dan diameter pernya lebih kecil.

Selain itu daya pegasnya 10% lebih keras dibandingkan standar cocok buat akselerasi. Sementara dari sisi harga per ini dibanderol Rp 70 ribu.

Tipe lainnya yaitu new kompetisi, cocok diaplikasi untuk motor balap dan bisa juga digunakan untuk motor harian. “Sekitar 15% lebih keras jika dibandingkan standar ini, entakan motor bisa lebih galak,” ungkap Dodo Zulianto bos CLD.

Terakhir, tipe road race yang dirancang untuk road race, 20% lebih keras dibandingkan standar. “Dilego Rp 85-100 ribu,” bilang Dodo dari Jl. Ciledug Raya No. 11, Ciledug, Tangerang.

BRT-BINTANG RACING TEAM
Kelebihan per kopling asal Cibinong, Bogor ini terbuat dari bahan SWOT. Yaitu, semacam material serat baja yang karbonnya digunakan untuk bahan per klep.

“Sengaja pakai bahan yang biasanya digunakan untuk per klep, karena jika dilihat dari cara kerjanya per klep 20 kali lipat lebih keras jika dibandingkan dengan per kopling. Jadi, agar bisa lebih kuat,” kata Tomy Huang, bos BRT.

Per klep yang dirancang 10% lebih keras ini memiliki kandungan serat karbon yang lebih tinggi. Selain itu, per ini juga diaplikasi untuk motor bebek dan sport. Kisaran harganya Rp 25 ribu untuk satu per.

Selain itu, proses harden yang digunakan menggunakan teknologi Jepang dengan nama nitrit proses. “Jadi, permukaan kawatnya dicelupkan ke dalam cairan nitride, sehingga pernya bisa lebih lentur,” beber Tomy Huang yang markasnya di Jl. Mayor Oking Jayaatmaja, No. 102, Cibinong, Bogor.

DAYTONA
Per kopling ini terbuat dari bahan baja. Selain itu, “Menggunakan per kopling ini akan membuat kampas kopling bisa lebih awet,” kata Go Alex Winata dari Daytona Gallery Harvin Motor yang berada di Jl. Kenjeran No. 532C, Surabaya.

Produk aftermarket ini punya tipe yang bisa digunakan untuk motor bebek dan sport. Seperti Supra, Athlete, Titan, Smash, Jupiter Z dan Yamaha Vega Z. “Untuk motor bebek dan sport per ini dirancang lebih kuat 20 % dari standarnya,” bilang Go Alex.

Untuk urusan harga, seperti Suzuki Titan dibanderol Rp 225 ribu, sedangkan untuk Honda Supra sama dilego dengan harga Rp 225 ribu. Untuk motor sport seperti Kawasaki KLX 250 seharga Rp 337 ribu, untuk Kawasaski Ninja 250 harganya Rp 300 ribu.
(motorplus-online.com)


15.  Bagi yang menggunakan kopling bisa ganti rumah kopling dengan rumah kopling yang menggunakan per kopling yang lebih banyak. Seperti rumah kopling YAMAHA SCORPIO yang menggunakan 4 per kopling ganti dengan yang 6 per kopling, begitu juga dengan HONDA BLADE, YAMAHA JUPITER dan lain-lain.
16.  Menggati kampas kopling dengan kampas kopling racing

Bursa Kampas Kopling, Pilihan Racing Untuk Harian 

Kalau sebelumnya sudah dibeberkan pilihan per kopling after market , yang sekarang mari kita tengok pilihan kampas kopling after market. Merek-merek yang tenar lewat balap terbukti banyak menawarkan komponen fast moving ini. Silahkan disimak..

TDR RACING
TDR Racing punya slogan ‘High Performance, didatangkan langsung dari Thailand oleh Mitra2000. “Kami menyediakan kampas kopling untuk segala jenis motor,” kata Benny Rachmawan, Research & Development Mitra2000.

Soal harga dipatok Rp 100–200 ribu. Buat yang minat sambangi Mitra 2000 di Jl. Lodan Raya No.2 Jakarta Utara. Telepon (021) 693 0777.

KAWAHARA

Kampas kopling buatan Kawahara, terbilang unik dalam hal penampakan. Terbuat dari carbon kevlar, sehingga warnanya hitam, kontras dengan background putih kecoklatan di tatakannya.

“Bisa menggunakan oli berbagai merek yang murah hingga mahal,” kata Jessy Liga Siswanto, owner Kawahara.

Namun, Kawahara hanya menyediakan untuk motor bebek saja. Seperti Supra X 125, Karisma, Supra 100 dan Jupiter-Z. Bila berminat bisa ke Ultraspeed Racing di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 42, Ciledug, Tangerang. Telp. (021) 7313886.

FAITO

Racing clutch plate Swift-Z ini produk Malaysia. Berani kasih garansi 30.000 km. “Bila membeli kampas kopling Swift-Z didalamnya sudah terdapat paking, sesuai motor,” kata Richi, PR Marketing Motori Rumahnya Biker, yang ditunjuk sebagai agen penjualan produk Faito ini.

Faito membidik motor sekelas bebek. Soal harga sekitar Rp 165 ribu. Info bisa kontak Richi di Jl. Panjang No. 21, Duri Kepa, Jakarta Barat. Telp. (021) 9951 9252.

BRT-BINTANG RACING TEAM
Kampas kopling BRT-Bintang Racing Team tersedia dengan dua bahan berbeda. Kevlar dan green paper. Dengan keunggulan daya gesek lebih besar. Bahan green paper lebih tebal dari standar, bikin tarikan motor lebih responsif.

Kampas yang sering dijumpai di toko spare part ini lengkap untuk segala jenis motor. “Harganya Rp 120-150 ribu,” jelas Tomy Huang bos Bintang Racing Team di Jl. Mayor Oking Jayaatmaja, No. 102, Cibinong, Bogor. Telp. 0852-1326-2211.

CLD
Kampas kopling CLD terbuat dari kampas yang mirip dengan kampas rem. Katanya punya keunggulan permukaan kampasnya lebih soft tapi menggigit. Selain itu, jarak antar kampas berjauhan.

Menurut Dodo Zulianto bos CLD, jika kampas standar jaraknya lebih padat, resikonya kampas mengendap oli. “Jika endapan olinya terlalu banyak, kopling akan mudah selip,” beber Dodo dari Jl. Ciledug Raya, No 11, Ciledug, Tangerang.

Tersedia dari mulai motor bebek hingga motor sport dengan harga Rp 100-150 ribu.

DAYTONA

Kelebihan kampas Daytona terbuat dari bahan Kevlar. Bisa untuk motor standar dan racing. “Komplet, tersedia untuk motor bebek dan sport,” kata Go Alex Winata dari Daytona Gallery Harvin Motor di Jl. Kenjeran No. 532C, Surabaya.

Harga untuk motor bebek seperti Smash Rp 90 ribu, CS-1 Rp 115 ribu. Untuk Tiger Rp 115 ribu, untuk Byson Rp 175 ribu.

KTC
KTC banyak diburu. Harganya variatif. Seperti kampas kopling untuk Jupiter MX Rp 250 ribu. Ada juga untuk Vario yang dijual satu set lengkap Rp 750 ribu.

Kalaupun bingung karena kampas kopling yang dicari sedang kosong, bisa kontak dulu ke tokonya. “Saat ini stok yang kami punya hanya untuk Yamaha Jupiter MX. Ini saking banyak yang cari,” papar Aphin dari Surya Motor di Jl. Ciledug Raya Petos 6 No. 1 Puri Beta, Ciledug, Tangerang. Telepon (021) 731-2527.

RP

Lengkap untuk semua motor. “Harganya semua sama, Rp 120 ribu,” jelas Holong Lubis, marketing HRP. Untuk Ninja 150 harganya Rp 130 ribu dan KLX 150 Rp 125 ribu.

Bahannya lebih tebal dari standar. Bahannya terdapat campuran bahan kevlar. Membuat bobot lebih ringan. Jadi otomatis akan lebih menggigit dan akselerasi lebih bagus. Bisa cek di Jl. Parangtritis Km 4,5 Yogyakarta. Telepon (0274) 7477113.

INSPIRO

Inspiro sama dengan kampas kopling lainnya. Bahannya lebih soft. Tapi, menurut pedagangnya cukup awet. Untuk Jupiter MX, MX New dan V-ixion Rp 175 ribu. Jupiter-Z dan Karisma Rp 120 ribu. RX-King dan Satria 150 Rp 175 ribu. Paling murah untuk Smash dan Supra Rp 120 ribu. Salah satu toko yang menyediakannya AHRS Depok di Jl. Tole Iskandar No. 162, Depok. Telepon (021) 7782-0649.  (motorplus-online.com)
Penulis : Hanggi, Ismet, Panji | Teks Editor : KR15 | Foto : Boyo
SEDIKIT INFO PILILAH PART RACING YANG BISA DIANDALKAN JANGAN CUMA NYARI MURAHNYA AJA.

17.   Bisa juga dengan mengganti kampas kopling dengan yang lebih tebal dalam artian substitusi dari part motor lain, seperti kampas kopling rx-king menggunakan 3bh kampas kopling Yamaha L2S dan 3bh kampas RX-KING made in japan/Indonesia, begitu juga dengan motor lainnya, selama komponennya sesuai dengan motor yang akan dipasangkan.
18.  Mencopot filter/saringan udara,
19.   Atau  mengganti dengan filter udara yang lebih berkualitas.
20.  Mengganti karburator dengan karburator yang lebih yahud, seperti karbu king, PE28 dan banyak lagi.
21.  Menaikkan/mengganti spuyer (pilot jet dan main jet)
22.  Menggunakan boster oli, seperti GMO oil boster.
23.  Menggunakan ukuran ban yang lebih kecil dari ukuran standarnya.
24.  Menggunakan velg aluminium, supaya lebih ringan.
25.  Pilihan terakhir, menggunakan paket blok bore up komplit + paket stroke up yang tinggal PnP + ganti  semua bearing standar yang terdapat di dalam mesin dengan bearing high performance, dijamin mesin motor mas brO tambah ngacir..

Untuk pilihan no 25 ada baiknya semua perangkat tersebut juga diimbangi dengan meningkatkan system pendinginan mesin motor anda, bagaimana caranya ya itu terserah anda, bisa dengan memboroskan oli samping(2 tak), mengganti cairan radiator dengan yang lebih yahud, menggunakan oil cooler, menambah saluran pembuangan hawa panas, macem-macem lagi lah pokoknya. Yang penting mesin aman nyaman terkandali, dan yang lebih penting ngga sampe OVERDOSIS eh salah OVERHEAT…





17 komentar:

  1. Untuk ninja RR bag us yg MNA ya juragan,,,,,, bar ngacirnya lbih cepat'''''

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak pilihannya gan...
      tapi kalo tetap ingin mempertahakan mesin standar sih, kalo punya biaya besar, mending ganti:

      1.membran/reed valve V-FORCE
      2. ganti karbu dengan keihin PWK 28, lebih bagus lagi pake PWK 28 sudco
      3. knalpot racing pastinya...
      4. ganti perkopling, kalo saya sih lebih suka menambah/mengganjal dengan ring, ketebalan ring cukup 2 mm aja ato 1mm biar nggak terlalu keras..

      itu sih udah ok....

      ato mau yang lebih ok lagi, ganti aja bloknya dengan Blok Ninja 68mm Bore Up Ceramic Shark Pen 15 Dan 16,... kalo masih kurang ok, papas aja headnya 0,5mm aja main aman + haluskan lubang exhaustnya...

      Hapus
  2. mas bro buat cb 150r klo buat harian busi yg disaranin ap?
    dikasi 9power sama power blasing boleh kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SOAL BUSI, Pake aja NGK G-POWER atau NGK PLATINUM buat CB150R, dikasi 9power boleh2 aja karena tak ada efek negatifnya... malahan lebih bagus, pake 9powernya 2bh...

      Hapus
  3. Info recomend untuk yamaha r15 nya supaya jos om ?
    hehehe

    BalasHapus
  4. mas bro buat smash 2004 klo buat harian block yg disaranin ap ?
    dikasih thunder apa tiger ?

    BalasHapus
  5. klo untuk cb150r baiknya gmn?

    BalasHapus
  6. Om, klo untuk pulsar 220 koil.nya pk yg scorpio 5BP ap pnya karisma..??
    Denger2 klo percikan bgsan karisma, bnr gtuh om..??

    BalasHapus
  7. kl untuk jupiter z cm ganti perkopling yamaha RX king ngefek nggx?

    BalasHapus
  8. Mas bro klo untuk KLX 150s Bagaimana ?? Thanks

    BalasHapus
  9. Supra fit tahun 2004 sudah pake piston kaze 0,50 klep kisaran 26-24 koil pake blue thunder karbu udah 28 tapi lari nya kurang om bro cdi juga pake apa ya kata nya shogun robot bagus juga

    BalasHapus
  10. Butuh info dong, lagi pengen upgrade tunggangan ane n250 karbu. Tapi nggk pengen dikorek/borup mesinya buat pakai harian tpi ttp gahar tenaganya tarikan bawah tengah sampai atas, thanks infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti per kopling racing saja sudah lumayan om 😃
      Jangan terlalu banyak ubahan. Soalnya 4 tak jarang ada yg awet kalau terlalu banyak di ganti/oprek. Apalagi itu motor buat harian. Ujung2nya duit besar yg harus keluar buat dandan tu motor.

      Hapus
  11. Kl thunder 125 per kopling ap yg bgs?

    BalasHapus
  12. Om jupiter z pake per kopling satria 150 perlu bubut tidak om

    BalasHapus
  13. butuh pencerahan Mtr tiger 2000 per udah lemah udah umur,mau ganti per ori import made in japan susah,kalo pake daytona japan gmana ya?
    Bs empuk kayak ori dan awet ga ya?karna buat harian..
    Please help Solusi

    BalasHapus